Smart Telecom akan Luncurkan BlackBerry

Smart Telecom – operator CDMA paling baru di Indonesia sepertinya tidak ingin ketinggalan menjual trend gaya hidup modern. Salah satu yang ingin dikejar smart telecom adalah BlackBerry.

BlackBerry memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Perangkat yang awalnya dibuat untuk kalangan korporat ini ternyata mengalami pergeseran konsumen ketika dipasarkan di Indonesia. Pengguna Blackberry tidak lagi didominasi pelanggan korporat dan profesional tetapi mahasiswa, pelajar, muda-mudi, dan juga selebriti.

Untuk menggelar layanan Blackberry melalui jaringannya, Smart Telecom kini melakukan pendekatan kepada Research In Motion (RIM), perusahaan produsen perangkat Blackberry yang sekaligus mengendalikan layanan BlackBerry di seluruh dunia. Smart telecom perlu mendapatkan lisensi untuk bermitra dengan Research in Motion untuk dapat menggelar layanan BlackBerry, karena tanpa lisensi dan koneksi ke Research in Motion di Kanada, setiap perangkat BlackBerry hanyalah seperti telepon biasa.

Di Amerika Serikat dan Kanada, umumnya layanan BlackBerry menggunakan jaringan CDMA karena jaringan di sana didominasi CDMA. Sementara di Indonesia, operator GSM yang sudah terlebih dahulu menjual BlackBerry masih menguasai seluruh pasar BlackBerry Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s